Peraturan hukum mengenai Gadai Mobil

o

Peraturan hukum mengenai Gadai Mobil

Kadang kala kebutuhan dana memang tidak bisa diprediksi. Bahkan tak jarang ada kebutuhan dana mendesak di saat kondisi keuangan sedang tidak stabil. Sehingga mau tak mau segala cara ditempuh. Salah satunya adalah dengan melakukan gadai kendaraan baik gadai BPKB maupun gadai mobil atau motor.  Gadai dianggap sebagai salah satu cara cepat untuk mendapatkan dana tunai. Proses yang ditawarkan oleh lembaga penyedia gadai juga biasanya cepat, bahkan gak sampai 30 menit. Dokumen persyaratannya juga mudah, hanya KTP, KK serta barang yang ingin digadaikan.

Banyak masyarakat yang belum mengetahui hukum gadai mobil masih kredit melalui pegadaian swasta. Karena pada praktiknya kegiatan ini dianggap wajar sehingga masyarakat cenderung membenarkan. Tapi, pada kenyataannya hukum gadai mobil yang masih kredit banyak dipertanyakan. Karena memang terjadi perbedaan antara pendapat dari pihak penyedia kredit dengan praktik yang ada di masyarakat. Ada beberapa fakta hukum gadai mobil kredit yang harus Anda ketahui. Sebelum memulai gadai kredit mobil sebaiknya melihat fakta-fakta berikut agar Anda semakin paham dengan hukum gadai mobil kredit.

Yang pertama dianggap boleh karena banyak terjadi di masyarakat. Pada praktiknya gadai mobil kredit di masyarakat banyak terjadi. Memang tidak sedikit yang menolak untuk menerima gadai mobil kredit. Karena umumnya perusahaan pengadaian mensyaratkan adanya BPKB dalam proses pengadaian. Yang kedua pihak penyedia tidak memperbolehkan. Karena pada saat proses kredit BPKB masih dipegang oleh penyedia jasa kredit. Sedangkan pada proses gadai penyedia gadailah yang harus memiliki BPKB tersebut. Tentu ini menjadi permasalahan tersendiri. Untuk itu pihak penyedia kredit tidak memperbolehkan adanya praktik ini. Meskipun pada akhirnya banyak juga penyedia kredit yang menyetujui proses gadai kendaraan kredit dengan syarat tertentu.

Yang ketiga penerima gadai mobil kredit memiliki syarat khusus. Setiap perusahaan memiliki hukum terkait gadai mobil kredit yang berlaku di perusahaan gadainya. Anda juga harus memastikan apakah perusahaan tersebut memiliki syarat yang dapat Anda penuhi atau tidak. Yang keempat dapat diatasi melalui take over. Proses take over kredit juga banyak disediakan perusahaan pegadaian swasta. Sehingga keamanan Anda terjamin dalam prosesnya. Ini dapat menjadi salah satu solusi yang baik mencegah adanya kesalahpahaman antara pihak nasabah, gadai dan pihak penyedia kredit.

Fakta seputar hukum gadai mobil masih kredit di atas harus Anda perhatikan sebelum melakukan gadai mobil kredit. Jangan sampai gadai mobil kredit ini justru membuat Anda harus bermasalah hukum. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melaluitake over kredit oleh pegadaian. Mekanisme ini dianggap sebagai mekanisme aman yang dapat Anda tempuh.

No Comments

Post A Comment

WhatsApp WhatsApp us